Monday, September 22, 2008

Taman Lumbini, Nepal



Aku kgak pernah bermimpi kalo suatu saat aku akan berada di negara Nepal. Aku kgak pernah bermimpi kalo suatu saat aku bisa menjejakkan kaki di sebuah taman, tempat kelahiran Pangeran Siddharta. Aku kgak pernah bermimpi kalo akhirnya aku benar-benar ada di Taman Lumbini.

Coba anda bayangkan... aku ini kgak punya apa-apa.. selain waktu. Dan tiba-tiba sekarang aku sedang menelurusi tempat-tempat di mana Guru besar kita pernah hadir di dunia... wah... kebayang kan kaya apa rasanya ??

Tidur dan makan... semuanya jadi terburu-buru.. sudah tidak sabar.. ingin secepatnya sampai ke tempat yang mengharukan ini. Begitu menjejakkan kaki di Taman Lumbini... perasaan damai... langsung meresap masuk ke sanubari... mengalir masuk ke seluruh tubuh... ahhh.... nyaman sekali... bener-bener nyaman. Kgak terasa... air mata sudah muncul di pelupuk... terharu ! Seorang manusia agung pernah lahir di dunia. Jadi ingat pertapa Asita ya ???

Kembali ke foooo....... toooo !!! Hehehehe... Di dalam bangunan merah ini, anda akan temukan dua gambar... bukan gambar seh... batu kale ya tepatnya... yang ada di bawah... ada telapak kaki Pangeran Siddharta sedangkan yang ada di atas... itu adalah gambar saat Pangeran Siddharta dilahirkan oleh ibunya, Ratu Mahamaya. Coba deh perhatikan fotonya baik-baik... bener kan ??
Nah.. foto yang terakhir bukan difokuskan pada bangunan merah.. tetapi pada pilar yang tinggi.. itu adalah pilar yang didirikan oleh Raja Asoka. Harusnya di ujung paling atas ada muka 4 lion yang saling membelakangi. Tapi... sayang udah hilang... ^^

2 comments:

Anonymous said...

Suhu dalam rangka apa ke India?

Shi Xian Xing - Sojourn said...

Dalam rangka dharma yatra dong.. kita ini kan siswa Shakyamuni Buddha.. jadi harus kenal guru kita itu lahir di mana, dll.. dll.. gitu lho.. makanya anda harus siapkan waktu buat ke India ya..