Monday, September 22, 2008

Bodhgaya



Belum pernah aku melihat bhiksu yang jumlahnya buaannnyyyaaaakk buanget. Ribuan kale ada. Bener-bener aku bersyukur... bisa memiliki keberuntungan lahir sebagai manusia, bisa menjadi siswa Shakyamuni Buddha. Sungguh-sungguh bersyukur... T'rimakasih, Guru !!

Semua praktisi ini sibuk dengan pelatihannya masing-masing. Ada yang meditasi, ada yang membaca sutra, ada yang membaca mantra.. ada yang membaca buku.. ada yang pradaksina, ada yang cuma duduk bengong.. atau merenung... aku kgak ngerti.. bahkan ada juga yang sengaja datang untuk ditahbis menjadi sramanera atau meici. Yang pasti, ada yang berjubah merah dari Tantra, ada yang berjubah Theravada.. ada juga yang berjubah Mahayana. Ada Bhiksu, Bhiksuni, sramanera, sramaneri... upasaka, upasika.. semua umat dari seluruh penjuru... sampai pengemis pun hadir di sini.. Hehehehehe..

Kita sedang ada di sini.. di Bodhgaya, tempat di mana Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Sempurna. Terharu... kembali aku terharu...
Kenapa harus di bawah pohon Bodhi ? Karena ternyata cuma pohon Bodhi yang mengelurkan O2 selama 24 jam. Di bawah pohon Bodhi inilah, di Vajrasana yang sama... semua Buddha di masa lalu, semua Buddha di masa yang akan datang, dan Buddha di masa sekarang , memperoleh Anuttara Samyak Sambuddha. Luar biasa kan !!!

No comments: