Monday, September 22, 2008

Kusinara, India

Terlihat sepasang pohon Sala kembar.. tempat di mana sang guru, Shakyamuni Buddha mencapai parinirvana. Aduuuhhhh.... terharu deh... huk huk huk... Kalian bingung ya ? Aku di mana sekarang ? Hehehe... aku ada di Kusinara, India.

Aku jalan lagi masuk ke dalam altar... oooohh.... langsung saja aku bersujud... bernamaskara. Di depanku, Buddha sedang terbaring... aku menangis..

"Lord Buddha... begitu sulitkah untuk bertemu dengan Mu ? Begitu sulitkah untuk dapat mendengarkan Dharma Mu ? Begitu sulitkah untuk bersujud setulus hati di hadapan Mu ? Kini aku datang.. apakah ada harapan bagiku... untuk menjadi siswa Mu yang baik ? Mengapa begitu sulit ? Selalu jatuh.. jatuh dan jatuh lagi ? Lord Buddha... berkahi aku setiap saat.. agar tekadku untuk memperoleh pembebasan dari kelahiran yang berulang-ulang, semakin lama semakin menguat. Berkahi aku... agar aku selalu membawa kedamaian bagi makhluk lain..."

Lalu terngiang-ngiang: saat panirvana... saat wafatnya Sang Buddha... Para biku bersujud... memberikan penghormatan terakhir.. para dewapun turut bersujud.. tebarkan harum semerbak...

2 comments:

Anonymous said...

hiks..hiks..
terharu....
jd pengen ksana...
moga tar ada kesempatan emas bisa ke tempat2 suci...^_________^onrwqmh

Anonymous said...

Saya aja baca artikel Suhu yg ini, bisa berkacaa-kaca, apalagi kalau disana, bisa nangis kejer kali yah Suhu, huuuuuu