Friday, September 26, 2008

Amitabha Buddha

Amitabha Buddha artinya adalah Buddha Cahaya Tanpa Batas (limitless light). Nama lain beliau adalah Amitayus, artinya kehidupan tanpa batas (limitless life).

Kehidupan tanpa Batas ini berkenaan dengan berkah dan kebajikan beliau yang tiada batasnya, sedangkan cahaya tanpa batas berkenaan dengan kebijaksanaannya. Tetapi sebenarnya bukan hanya berkah, kebajikan dan kebijaksanaaNya yang tanpa batas, melainkan kekuatan spiritualNya, keahlian, sumbangsih dan ajaranNya yang juga tiada batasnya.

Sebelum menjadi Buddha, beliau membuat 48 ikrar agung, yang mana masing-masing ikrar tersebut akan membuat kita mencapai kebuddhaan.

Pada masa tersebut, beliau adalah seorang bhiksu yang bernama Dharma Treasury. Beliau mengatakan, "Saat aku mencapai kebuddhaan, aku bertekad bila ada makhluk hidup yang melafal namaKu maka ia pun akan mencapai kebuddhaan. Jika mereka tidak memperolehnya, aku pun tidak akan menjadi Buddha."

Dengan kekuatan tekadNya, beliau membimbing makhluk-makhluk ke Tanah Suci Sukhavati. Baik makhluk yang berkapasitas rendah, sedang maupun tinggi, mereka tidak akan terlahir dalam kandungan melainkan di dalam bunga Lotus. Untuk terlahir di sana, kita harus memiliki KEYAKINAN, TEKAD, dan LATIHAN.

Amitabha Buddha didampingi oleh Avalokiteshvara Bodhisattva dan Mahastamaprapta Bodhisattva.

1 comment:

hendaru said...

48 Ikral itu apa saja ^^ Thx....