Tuesday, October 28, 2008

Maha Kausthila

Salam sejahtera untuk sahabat-sahabat dalam Dharma..

Aku dapat Pe-eR sebulan lebih tapi baru sekarang bisa aku jawab. Ini pun berkat bantuan dari seorang suhu.. :) yang sengaja menyiapkan bahan untuk menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan dari Be Ce... siapakah Maha Kaushila itu ??

Belum pernah dengar ?? Hehehe... Maha Kausthila adalah nama seorang siswa Shakyamuni Buddha yang telah menjadi Arahat. Iya.. Y.A. Maha Kausthila ada disebut dalam Amitabha Sutra, nama mandarinnya 摩诃倶絺羅. Pernah baca kan ?? Inget ?? Kalo lupa, coba deh buka lagi Sutra Amitabha nya.

Y.A. Maha Kausthila adalah paman Y.A. Shariputra. Beliau senang sekali berdebat dengan kakak perempuannya. Setiap kali berdebat ia pasti bisa mengalahkan kakaknya itu. Tetapi setelah kakaknya mengandung, Maha Kausthila tidak pernah menang lagi bila berdebat dengan kakaknya itu. Beliau sadar bahwa anak yang dikandung kakaknya itu adalah seorang bijaksana.

Akhirnya karena takut nantinya dikalahkan oleh keponakannya yang belum lahir itu, Maha Kausthila memutuskan untuk pergi ke India bagian selatan, untuk mempelajari semua kitab suci yang bukan buddhis. Ia tidak mau orang menertawakannya suatu saat karena kalah berdebat dengan keponakannya itu. Enam belas tahun sudah ia belajar dengan giat sampai-sampai ia tidak sempat memotong kukunya. Karena itu orang-orang memanggil dia si kuku panjang.

Enam belas tahun kemudian Maha kausthila kembali, tetapi keponakannya itu sudah mengikuti Shakyamuni Buddha. Maha Kausthila kemudian mencari Shakyamuni Buddha untuk berdebat. Buddha menjawab, bila Maha Kausthila kalah berdebat denganNya maka Shariputra akan dikembalikan. Maha Kausthila teringat akan kegigihannya belajar selama 16 tahun, maka dengan sombongnya ia berkata di depan orang banyak, bila Buddha kalah berdebat, Shariputra harus dikembalikan padanya. Tetapi bila Buddha menang, maka ia akan memenggal kepalanya.

Buddha sambil tersenyum bertanya kepada Maha Kausthila, satu pertanyaan yang sulit dijawab oleh Maha Kausthila. Kemudian lord Buddha menguraikan dharma kepada Maha Kausthila. Setelah mendengarkan uraian dharma Maha Kausthila menjadi siswa Lord Buddha dan mencapai Arahat. Di antara siswa Lord Buddha, Maha Kausthila dikenal sebagai ahli debat nomor satu.

Pertanyaan lord Buddha itu apa ?? Nah ini aku ketik aja pake mandarin ya.. karena aku juga bingung gimana ubahnya ke bahasa Indonesia. Sorry banget lho..

佛笑問 : " 你以何為宗 ? "
他答道 : " 我以一切法不受為宗 "
佛再問 : " 那麽 , 一切法不受的見解你受不受 ? "

此时倶絺羅如良馬見鞭影 , 即拾貢高我慢 , 慚愧低頭 , 暗自思維 : [ 佛使我堕於两種負處 . 若我説受 , 别人使反問我為何説一切法不受 ; 若我説不受 , 别人不大可能駁斥我 .] 於是說 : [我一切法不受 , 就是這個見解亦不受 ! ]

佛言 : [ 一切法不受 ,是見解亦不受 ; 則無所受 , 那麽你舆眾人無異 , 何用高而生憍慢 ? ]

倶絺羅自知理屈 , 不能作答 , 卻於佛的智慧起恭敬心 , 信心 , 即高聲說 : [取刀來斬我頭 ! ]
佛言 : [ 我法中無如是事半功倍. ]

No comments: