Wednesday, November 12, 2008

Pancaroba

Harusnya kalo ketemu bulan yang berakhiran -ber..-ber..-ber.. kita sudah paham kalo musim hujan udah mulai datang. Tapi kenyataannya sekarang ? September masih belum hujan, Oktober juga tidak hujan.. malah Nopember kita baru mulai hujan. Telat atau lelet ya ?? Bingung deh... terserah deh gimana alam aja yang ngatur... kita kgak bisa nolak seh.. cuma bisa nerima doang... iya kan ??

Musim yang terus berganti.. hujan panas.. hujan panas.. ini kita sebut musim pancaroba. Artinya musim yang tidak menentu... dan ini artinya orang sakit mulai bermunculan.. mereka antri di dokter.. antri di apotek.. tergeletak di tempat tidur... dan umumnya penyakit mereka sama... batuk, pilek, radang tenggorokan, flu... rematik. Penyakitnya pancaroba !!!

Sulit kemungkinan tidak flu kalo di sekitar kita udah kena flu. Tapi bisa jadi kita tidak kena flu, kalo kita bener-bener istirahat yang cukup, makan teratur, sayur dan buah juga cukup.. dan yang paling penting jangan stres. Pasti deh kita kgak kena flu... alias bisa terus sehat sampai musim hujan berakhir. Jadi kesimpulan.. supaya badan sehat.. maka kita harus pintar-pintar menjaga pola kehidupan kita karena kita tidak bisa menolak apa yang terjadi pada alam.. bahkan sebaliknya kita harus menerima apapun kondisi alam baik panas maupun hujan.

Seperti merawat jasmani di musim pancaroba inilah kita harusnya merawat bathin kita agar tetap sehat saat bertemu gelombang-gelombang tinggi di masyarakat. Karena kita tidak bisa menolak hinaan orang lain, atau makian dari orang lain, atau fitnahan dari orang lain. Kita tidak bisa melarang mereka untuk tidak mengatai kita, untuk tidak membenci kita, untuk untuk melukai kita, atau untuk menyakiti kita. Yang ada adalah seperti kita menjaga stamina badan kita di musim pancaroba. Artinya karena kita tidak bisa menolak apa yang terjadi di alam.. maka kita harus merawat bathin kita dengan makanan-makanan bathin.. seperti sembahyang, meditasi, melaksanakan sila, menjalankan enam paramita, baca buku, namaskara kepada Buddha... dan sebagainya.. dan sebagainya.. baru bathin kita bisa sehat.. sama seperti badan kita... tidak perduli apakah di luar sana panas atau dingin.

Selamat menjaga kesehatan jasmani dan bathin setiap saat ya !!

1 comment:

Kuntz said...

waduh...sekarang lagi malas baca buku Buddhis nih.. Bacanya buku tentang kerjaan mulu..(terpaksa)hiks